Selasa, Agustus 07, 2007

Kemampuan Windows Vista Bahasa Indonesia Terbatas

Rencana Microsoft untuk menghadirkan Windows Vista berbahasa Indonesia ternyata tidak meliputi semua versi, hanya Vista Home Basic yang dijadikan pilihan. Melihat keterbatasan pada versi tersebut, bisa pula dikatakan Vista versi Bahasa Indonesia memiliki kemampuan terbatas

Kenapa terbatas? Pasalnya, versi Home Basic tidak memiliki tampilan Aero Glass. Yaitu fitur yang memberikan efek visual nan cantik yang sebetulnya sangat ingin dirasakan konsumen.

Ari Kunwidodo, vice president Microsoft Indonesia, mengatakan Microsoft tidak membuat versi Bahasa Indonesia di lima versi Vista yang lain karena kebijakan perusahaan saja. Sayangnya, Ari tidak merinci kebijakan yang dimaksud.

Microsoft sendiri, pada bulan Juni akan memperkenalkan Vista versi Indonesia dalam dua jenis, Starter Edition dan LIP (Localisasition Interface Pack) untuk Home Basic.

Dengan versi Home Basic LIP, para pengguna dijanjikan perubahan tampilan secara menyeluruh oleh perusahaan asal Redmond ini. "Jadi ini berbeda dengan Home Basic yang biasa," ujar Ari, kepada detikINET, Selasa (11/4/2007).

Meskipun harga yang dipatok untuk produk ini belum dipastikan. Namun, Ari memperkirakan harganya akan sama dengan versi Home Basic yang biasa. "Kemungkinan harganya sama dengan (Home Basic) yang biasa, tapi untuk pastinya tunggu bulan Juni lah," jelasnya.

Sementara itu, versi Starter Edition disajikan sama seperti edisi sejenis pada Windows XP. Jenis ini dilempar ke pasar pembatasan pada beberapa fungsi. Harganya pun lebih murah, cuma sekitar US$ 50.

Tidak ada komentar: