Rabu, Juli 25, 2007

Opensource?

Di ruang teknologi informasi sekarang terjadi hingar-bingar mengenai perangkat lunak opensource. Apa itu opensource dan apa pula manfaatnya bagi kita?

Pada intinya yang disebut sebagai perangkat lunak opensourceadalah
perangkat lunak bagi komputer yang disebarkan sedemikian hingga
memungkinkan semua orang bisa memberikan sumbangan untuk perbaikan dan pengembangan perangkat lunak tersebut. Caranya adalah dengan menyebarkan program komputer dalam bentuk yang bisa dibaca oleh manusia disamping kode program untuk dibaca oleh komputer. Sebagai contohnya adalah program komputer Firefox, dimana kita bisa mempelajari bagaimana sebuah web browser bekerja dengan membaca instruksi komputer dalam dalam kata-kata dan kode yang bisa dipahami manusia.

Karena teknik dan cara pengendalian peralatan elektronik di dalam
komputer tidak dirahasiakan dan bisa dibaca oleh siapapun yang ingin membaca, adalah mungkin program komputer opensource ini dijiplak orang dan dimanfaatkan untuk keuntungan sepihak. Untuk menghindarinya perangkat lunak opensource ini disertai dengan dokumen mengenai ketentuan penggunaan dan ijin penggunaan (lisensi) yang membatasi kemungkinan seseorang mengambil keuntungan sepihak tanpa seijin penyusun perangkat lunak yang bersangkutan.

Akibat lisensi yang membatasi ini, umumnya perangkat lunak opensource di disebarkan dengan lisensi tanpa biaya (biaya distribusi seperti pembuatan CDROM, jaringan internet dan lainnya ditanggung pengguna). Tetapi apakah perangkat lunak opensource ini memang gratis? Memang tidak ada biaya lisensi, tetapi pengguna perangkat lunak ini diharapkan untuk memberikan suatu kontribusi pada perangkat lunak yang digunakan. Tidak dalam bentuk dana, tetapi dalam bentuk sedikit tenaga dan pikiran agar perangkat lunak yang digunakan dapat menjadi lebih baik. Ini adalah alasan utama untuk meng-opensource-kan perangkat lunak.

Bandingkan penggunaan MS Office dan OpenOffice.org sebagai contoh:

  • Dengan MS Office anda membayar lisensi (sekiranya anda adalah man of honour). Anda akan memperoleh CDROM dan buku petunjuk penggunaan. Sekiranya ada masalah dengan perangkat lunak MS Office anda bisa menghubungi afiliasi Microsoft untuk bantuan. Jika bantuan itu tak memuaskan silakan mengumpat sejadi-jadinya kepada para pemilik andil Microsoft Corp. Uang yang anda bayarkan tak mungkin dikembalikan.
Dengan OpenOffice.org anda melakukan download perangkat lunak dari server internet http://kambing.ui.edu. Bisa juga mencari CDROMnya di tempat penjualan CD. Sekiranya ada masalah dengan perangkat lunak tersebut anda diharapkan emberitahukan masalah tersebut dengan email kepada pengembangnya (alamat emailnya ada di http://www.openoffice.org) atau pendukung opensource terdekat. Sebagai balasan anda akan memperoleh solusi atau petunjuk atau ucapan terima kasih atas bantuan anda untuk menyempurnakan OpenOffice.org. Atau boleh juga anda memperbaiki perangkat lunak itu sendiri dan memberitahukan bagaimana anda memperbaikinya. Sebagai balasan anda akan memperoleh ucapan terima kasih atas kontribusi anda. Sekiranya kedua hal tersebut telah dilakukan dan anda menganggap hasilnya tidak memuaskan.

link Artikel

Tidak ada komentar: